HOTLINE / CALL US

PROSES BANDING

  • Setiap orang atau klien dapat mengajukan banding terhadap keputusan sertifikasi TCL. Banding atas keputusan TCL harus dilakukan dalam waktu 30 hari sejak pemberitahuan keputusan itu. Banding diajukan secara tertulis kepada Manajer Operasional TCL. Banding tertulis juga harus menyertakan dokumen yang diperlukan untuk mendukung proses banding.
  • Manager Operasional harus memverifikasi dokumen untuk kelengkapan dan dapat meminta dukungan dokumen tambahan jika diperlukan. Banding tersebut bisa disetujui setelah dokumen lengkap dan akan diteruskan kepada Direktur Operasi.Direktur Operasi memiliki hak untuk melarang banding atau untuk membentuk Panel Banding berdasarkan nilai isi banding.
  • Jika banding tersebut diterima, Direktur Operasional akan membentuk Panel Banding. Para Panel Banding dipimpin oleh salah satu anggota dan dua anggota yang terdiri dari penilai, staf atau ahli. Jika diperlukan,layanan dari luar anggota dapat dipanggil untuk melaksanakan banding. Kepala Panel Banding dapat meminta pemohon untuk menyajikan fakta-fakta secara pribadi ke panel banding jika diperlukan. Panel Banding dapat meminta salah satu staf, panel atau asesor subkontrak dan staf untuk membantu dalam melaksanakan banding berdasarkan fakta.
  • Pemohon berhak untuk muncul secara pribadi selama pertimbangan banding mereka untuk menyampaikan kasusnya, memberikan bukti dokumen yang relevan dan saksi panggilan. Pemohon diharuskan muncul selama pertimbangan banding dan efek pemberitahuan tertulis untuk ini disampaikan bersama-sama dengan banding, dan Transpacific Certification Limited akan memberikan pemohon setidaknya tujuh hari pemberitahuan tertulis dari tanggal banding untuk dipertimbangkan. Pemohon memiliki hak untuk diberitahukan secara tertulis dari para anggota Panel Banding termasuk spesialis teknis yang dipilih oleh Direktur Operasi tujuh hari sebelum duduk mereka.
  • Panel Banding memberikan rekomendasi kepada Direktur Operasi untuk tindakan yang diperlukan untuk melepaskan banding untuk kepuasan pemohon. Para Panel Banding juga merekomendasikan tindakan pencegahan, jika ada, untuk menghindari terulangnya kejadian tersebut. Para Direktur Operasi akan memberikan keputusan atas keberatan tersebut berdasarkan rekomendasi oleh panel banding. Keputusan Direktur Operasi dalam hal ini akan bersifat final.
  • Proses di atas akan diselesaikan dalam waktu 45 hari sejak tanggal penerimaan permohonan banding.
  • Jika tidak puas dengan keputusan Direktur Operasi, pemohon dapat mengajukan banding kepada Managing Director, TCL Sertifikasi Indonesia, melalui Direktur Operasional. Managing Director akan membentuk Panel Banding terdiri dari tiga anggota, yang akan masuk ke pokok perkara dan prosedur tersebut diikuti untuk mengatasi banding.
  • Para Panel Banding akan membuat rekomendasi kepada Managing Director. Managing Director akan memberikan keputusan atas keberatan tersebut berdasarkan rekomendasi oleh panel banding. Keputusan Direktur dalam hal ini akan bersifat final. Proses di atas akan diselesaikan dalam waktu 45 hari dari merujuk banding kepada Managing Director. Managing Director akan bertindak atas saran dari setiap spesialis yang tepat yang mungkin dianggap perlu.
  • Semua biaya yang berkaitan dengan pertemuan pribadi pemohon sebelum Panel Banding harus ditanggung oleh pemohon. Jika selama pelaksanaan banding atau sebagai konsekuensi dari keputusan banding, penukaran penilaian ulang atau verifikasi diperlukan, biaya harus ditanggung oleh pemohon.
  • Jika pemohon tidak puas dengan keputusan Managing Director TCL, pemohon dapat mengajukan banding ke Badan Akreditasi. Namun, ini bila terpaksa hanya setelah semua jalan untuk menyelesaikan masalah ini dengan mengajukan banding dengan TCL telah habis. Dalam kasus seperti itu, proses banding Badan Akreditasi harus diikuti dan biaya banding harus ditanggung oleh pemohon banding kecuali berhasil.
  • Keputusan Badan Akreditasi relevan bersifat final dan mengikat kedua belah pihak, yakni pemohon dan TCL. Departemen Operasi mempertahankan proses banding, termasuk tindakan yang diambil untuk mengatasinya. Rekaman yang sama harus dijaga. Yurisdiksi pengadilan dalam kasus sengketa akan berada di kantor setempat.